Cianjur Update

Pesantren Al-Ikhlas, Pondok Pesantren Gratis di Cianjur

CIANJUR UPDATE – Ada Pondok Pesantren Gratis di Cianjur. Semuanya bermula dari sebuah impian yang mulia menjadikan seseorang akan lebih dihargai orang lain berkat jasanya. Sebut saja bapak Haji Asep Supiyudin, merupakan salah seorang tokoh masyarakat yang selalu mengabdikan dirinya untuk membangun moralitas generasi baru. Haji Asep mendirikan sebuah pesantren bernama Al-Ikhlas untuk mewujudkan impiannya.

Beliau memiliki keinginan untuk selalu membina anak-anak menjadi generasi penerus yang mumpuni dalam mengarungi kehidupan nantinya. Pondok pesantren Al-Ikhlas menjadi buktinya, pondok ini didirikan pada tahun 2012 silam. Pendirian pondok ini tak terlepas dari kegigihan hati dan juga usaha keras haji Asep untuk merealisasikan mimpinya.

Sejarah Berdirinya Ponpes Al-Ikhlas

Haji Asep merupakan salah seorang masyarakat yang berpikir kritis tentang keadaan. Beliau sangat mempedulikan generasi millenial yang terdapat di desanya. Sejak tahun 2000, beliau menggeluti bisnis ojek dan sering mengantar beberapa santri menuju ke pesantren lain. Dari situlah hati kecilnya mulai terketuk untuk berjihad di jalan Allah dengan mendirikan pesantren.

Sejak menjadi ojek, beliau selalu menyisihkan uangnya ke dalam tabungan dalam jangka waktu yang lama. Hingga akhirnya beliau menggarap sawah dan mulai menghasilkan panenan-panenan yang berkualitas untuk ia jual. Sekitar tahun 2010, haji Asep mulai fokus untuk pembangunan pesantren. Diperkirakan hartanya yang saat itu telah mencapai 1 miliar habis untuk membangun pesantren Al-Ikhlas dan selebihnya untuk keluarga.

Baca Juga: Mengenal Pesantren Persis, Sebuah Pesantren Islami Terbaik di Bandung

Pondok Pesantren Gratis di Cianjur

Pondok pesantren Al-Ikhlas berdiri di jalan pasir oray, desa Panyusuhan, Kecamatan Sukaluyu, Kabupaten Cianjur, Jawa barat. Suasana pesantren yang asri dan berada di pinggiran sawah turut menambah semangat para santri dalam menuntut ilmu. Haji Asep memberikan fasilitas gratis tanpa biaya bagi siapapun yang ingin belajar di pesantren ini.

Akibat hal tersebut, tak hanya anak-anak di sekitar desa Panyusuhan saja yang nyantri disana melainkan dari beberapa penjuru daerah lain. Haji Asep memberikan pengajaran terbaik pada murid-muridnya berupa Al-Qur’an, kitab kuning dan diniyah. Beliau dan para ustadz-ustadzah selalu sabar dalam membimbing santri sehingga menciptakan kemudahan dalam belajar.

Haji Asep yakin untuk kedepannya bahwa anak santrinya pasti akan menjadi orang yang sukses dan sholih-sholihah. Usahnya selama beberapa tahun membuahkan hasil yang signifikan. Saat ini pesantren Al-Ikhlas semakin berkembang, terbukti dengan adanya majelis ta’lim bagi masyarakat berupa pengajian tiap bulan.

Menjadi baik bukan hanya untuk diri kita saja melainkan juga untuk orang lain. Dengan bersikap seperti itu alias ikhlas, kita akan senantiasa mendapatkan ridha Allah SWT. Amin amin yarobbal alamin.

Berita Terkait

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami