Jabar Update

Mengenal Pesantren Persis, Sebuah Pesantren Islami Terbaik di Bandung

CIANJUR UPDATE- Kamu pasti sudah sering mendengar kata Persis bukan? Merupakan sebuah singkatan dari Persatuan Islam yang bergerak di bidang pendidikan keislaman. Salah satu jasanya dalam bidang pendidikan islam adalah dengan mendirikan pesantren, tepatnya di Bandung.

Persis memang banyak terdapat di kota-kota besar karena salah satu misinya ialah mencerdaskan santri dalam belajar. Banyaknya pendirian pesantren di kota besar tak terlepas dari pengajaran dan metode belajar yang unik. Lalu apa saja metode yang digunakan dalam pondok pesantren satu ini? Berikut ulasannya!

Pondok Pesantren Persis Bandung

Sejak berdiri di tahun 1923, organisasi Persis semakin menancapkan dirinya di bidang keagamaan khususnya pendidikan. Pondok Pesantren Persis ini didirikan di wilayah Babakan, Kecamatan Ciparay, Kabuoaten Bandung. Mereka bergerak layaknya organisasi Muhammadiyah atau Nahdlatul Ulama tetapi dengan sangat mempertimbangkan ketiga ilmu wajib mereka. Ilmu-ilmu tersebut seperti tafsir, hadis, dan fikih, beberapa terdapat juga ilmu umum seperti pelajaran sekolah namun mayoritas tetap mengedepankan ketiga ilmu wajib.

Hal pertama yang menonjol disini ialah segi akhlak. Jika biasanya kita tidak pernah melihat ada peraturan tentang akhlak, kita tidak akan menemukannya disini. Pesantren Persis sangat mengedepankan akhlak dan adab mereka sehingga terasa keharmonisannya. Selain adab, para santri juga diharuskan untuk mempelajari Al-Qur’an guna bisa memahami apa itu tafsir dan fikih.

Baca Juga: Kapolres Cianjur ke Pelajar: Wujudkan Pembangunan yang Berwatak

Dari pengetahuannya mengenai Al-Qur’an tersebut, akhirnya para santri menjadi hafal isi dan ayat-ayatnya. Hal inilah yang menjadi metode khsusus bagi pesantren Persis Bandung. Para santri disini memahami Al-Qur’an dalam bentuk per-kelompok, berjumlah 5 orang saja dengan satu pembimbing. Setiap semesternya santri diharuskan hafalan 2.5 juz untuk kisaran MTs dan 10 juz untuk kisaran Muallimin. Jika dikalkulasikan maka santri MTs mampu menghafal 15 juz dalam waktu 3 tahun, sedangkan santri muallimin dapat khatam dalam waktu 3 tahun tersebut.

JIka kamu berminat untuk mondok disini, terdapat kisaran harga bagi tingkatan kalangan. Untuk MTs registrasinya senilai 16,4 juta sedangkan untuk Muallimin sekitar 17,2 juta. Bagaimana berminat untuk nyantri disana?

Berita Terkait

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami