Gaya Hidup

Tugas, Syarat, Gaji, dan Fungsi Menjadi Pramugari yang Wajib Dipahami

CIANJUR UPDATE – Pramugari adalah salah satu profesi pekerjaan yang tidak memberikan pelayanan kepada para penumpang pesawat saja. Akan tetapi, untuk istilah pramugari juga digunakan pada moda transportasi darat termasuk kereta api. Sehingga Anda harus tahu tentang Tugas, Syarat, Gaji, dan Fungsi Menjadi Pramugari.

Masih banyak dari kalangan masyarakat yang belum banyak mengerti tentang profesi pramugari. Maka dari itu, untuk kesempatan kali ini akan dibahas mengenai tugas, syarat dan gaji dari seorang profesi pramugari. 

Sekilas Tentang Fungsi Cabbin Crew

Pramugari ialah istilah untuk wanita yang bekerja di industri tertentu yang bertugas buat melayani penumpang. Pramugari merupakan sebutan yang digunakan dalam bermacam transportasi baik itu laut, darat, serta hawa spesialnya di dalam pesawat.

Profesi ini mempunyai kedudukan serta fungsi yang sangat berarti dalam pekerjaannya yang berkaitan dengan keselamatan penumpang. Sebagaimana dipaparkan oleh Agus Santoso sebagai Direktur Jenderal Perhubungan Hawa, dalam novel Berhasil Jadi Pramugari karya Pepen Pendi.

Keselamatan penumpang ialah salah satu tugas utama yang sangat berarti untuk pramugari sepanjang proses penerbangan berlangsung. Diawali dari penumpang masuk hingga dengan ke luar pesawat.

Tidak heran, buat jadi seseorang pramugari wajib lewat sesi pilih yang panjang. Bermacam berbagai uji dicoba supaya lolos ke sesi berikutnya, semacam uji psikotes, medical check up, serta yang yang lain.

Pramugari pula dituntut buat mudah berbahasa asing serta berwawasan luas. Besar serta berat tubuh sepadan pula jadi ketentuan berarti buat jadi seseorang pramugari.

Tidak hanya dihadapkan dengan tugas utama tersebut, pramugari pula mempunyai tugas- tugas yang lain yang diberikan oleh operator ataupun pilot selaku pimpinan dalam pesawat. Tugas- tugas tersebut dicoba supaya penumpang bisa menikmati ekspedisi dengan aman serta nyaman.

Tugas Pramugari 

Tugas utama dari seorang pramugari adalah melayani semua penumpang yang ada di dalam pesawat maupun kereta api. Sehingga, seorang pramugari harus kuat mondar-mandir dengan memberikan layanan secara maksimal. 

Sehingga, tidak heran salah satu syarat menjadi seorang pramugari harus mempunyai mental dan fisik yang kuat. Untuk beberapa tugas lain dari seorang pramugari adalah: 

  • Melakukan pengawasan maupun mengawasi semua boarding dari penumpang pesawat maupun kereta api. 
  • Memberikan pelayanan dan melayani penjualan makanan atau minuman. 
  • Memberikan tawaran layanan penyewaan alat pendukung kenyamanan kepada para penumpang di saat perjalanan sedang berlangsung. 
  • Menyediakan dan memberikan beberapa pendukung kenyamanan lain yang berada di kelas eksekutif. 
  • Menjaga kebersihan maupun kondisi pesawat maupun kereta dari segala jenis kotoran. 

Syarat Menjadi Pramugari 

Menjadi pramugari bukan hal yang mudah begitu saja. Artinya ada banyak syarat yang harus dipenuhi, ketika ingin menjadi seorang pramugari. Untuk beberapa syarat yang harus dipenuhi menjadi pramugari adalah: 

  • Mempunyai pendidikan minimal SMA atau SMK. 
  • Mempunyai usia paling maksimal 27 tahun. 
  • Mempunyai berat badan secara ideal. Tinggi badan minimal 160 cm. 
  • Tidak mengalami buta warna. 
  • Tidak menggunakan kacamata. 
  • Mempunyai penampilan yang menarik. 
  • Bisa menggunakan bahasa Indonesia, inggris secara lancara dan baik. 
  • Tidak menggunakan kawat gigi. 
  • Belum menikah. 
  • Mau dan siap ditempatkan dimana saja. 
  • Mempunyai mental dan fisik yang kuat. 

Persyaratan diatas dijelaskan, bahwa menjadi seorang pramugari harus mempunyai fisik kuat secara normal dari ujung kepala sampai dengan kaki. Selain itu, dari segi mental pramugari harus kuat karena memang tugas dan tanggung jawabnya sangatlah berat. 

Tidak hanya menyiapkan syarat utama saja. Akan tetapi, ada beberapa syarat administrasi dan beberapa dokumen yang harus disiapkan ketika ingin menjadi seorang pramugari yaitu: 

  • Mempunyai surat keterangan sehat. 
  • Mempunyai surat lamaran pekerjaan. 
  • Menyiapkan beberapa fotokopi KTP. 
  • Mempunyai beberapa fotokopi ijazah. 
  • Menyiapkan beberapa dokumen penting lain. 

Gaji Pramugari

Pramugari adalah salah satu profesi pekerjaan yang dikenal dengan upah atau gaji yang cukup besar. Akan tetapi, untuk besar kecilnya gaji dari seorang pramugari disesuaikan lagi dengan level-levelnya. 

Ada dua level di profesi pramugari yaitu senior dan junior. Untuk tingkat pramugari junior pada setiap bulan bisa mendapatkan gaji pokok kurang lebih Rp4.000.000,00. Sementara itu, untuk tunjangannya bisa mencapai lebih dari Rp5.000.000,00. 

Pada saat diakumulasikan menjadi satu untuk jumlah gaji dari seorang pramugari bisa mencapai dengan kurang lebih Rp10.000.000,00. Setelah berada di posisi junior selama 2 tahun, maka untuk level berikutnya adalah tingkatan senior. 

Tentunya, untuk seorang pramugari senior mempunyai gaji yang lebih besar. Akan tetapi, perlu diingat lagi untuk masalah gaji pramugari juga ditentukan dengan jenis dan kelas jenis transportasinya. 

Bagi Anda yang tertarik dan serius ingin menjadi seorang pramugari, maka bisa menyiapkan fisik dan mental sebaik mungkin. Pastikan juga semua proses pendaftaran dan seleksi bisa berjalan secara baik. 

Sekian penjelasan mengenai tugas, syarat dan gaji ketika menjadi seorang pramugari. Semoga dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Anda yang ingin menjadi pramugari. 

Artikel Terkait

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami