Tips & Tutorial

Tutorial 6 Cara Jadi Barista Profesional dan Baik

CIANJUR UPDATE – Bagi anda yang suka berkunjung ke coffee shop, pasti sudah mengerti bahwa setiap kopi barista mempunyai citarasa yang berbeda-beda. Artinya, setiap barista mempunyai ciri khas rasa tersendiri. Jika Anda ingin jadi barista profesional, maka harus tahu cara dan langkahnya.

Tidak jarang juga dengan adanya reputasi baik dari seorang barista, membuat anda ingin mengikuti jejaknya. Akan tetapi, untuk mengikuti jejak menjadi seorang barista profesional ada beberapa cara dan langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu. 

Maka dari itu, untuk kesempatan kali ini akan dibahas sampai dengan tuntas mengenai cara dan langkah menjadi barista profesional. Sedangkan, untuk anda yang penasaran dengan cara dan langkah tersebut bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini. 

Cara Jadi Barista Profesional

Menjadi seseorang yang profesional di dalam satu bidang tidak bisa didapatkan secara mudah begitu saja. Untuk berada di titik tersebut ada cara dan langkah yang harus dilakukan oleh orang tersebut. 

Sama hal nya di saat anda ingin jadi seorang barista profesional, ada beberapa cara dan langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu. Untuk beberapa Cara Jadi Barista Profesional adalah: 

1. Mengenal Lebih Banyak Mengenai Seluk Beluk Kopi 

Ilmu pengetahuan tentang kopi harus dimiliki oleh setiap barista. Kopi adalah salah satu titik penting bagi anda yang ingin bergabung di dalam dunia kebaristaan. Pengetahuan yang perlu anda pelajari dimulai dari jenis, proses dan aneka menu kopi. 

Bagi anda yang suka dengan menu kopi frappe dan sudah dicampur dengan gula, maka tiba saatnya sekarang mencoba jenis cappucino tanpa gula. Dengan hal tersebut bisa membawa anda untuk masuk ke dalam kopi itu sendiri. Sedangkan untuk anda yang sudah banyak mempunyai pengetahuan tentang kopi, maka bisa melanjutkan ke jenjang selanjutnya. 

2. Sering Berlatih Sendiri 

Kopi yang mempunyai kualitas terbaik tidak akan datang sendiri dari tangan seorang barista. Untuk mendapatkan hal tersebut diperlukan komitmen dan kesabaran dengan tingkat tinggi. 

Dengan hal tersebut bisa memunculkan feel dalam meracik kopi yang tidak bisa didapatkan dalam hitungan jari. Langkah yang bisa anda lakukan adalah lebih banyak latihan dalam proses pembuatan kopi. 

Anda bisa juga belajar sendiri melalui buku, internet atau berdiskusi sesama para pecinta kopi. Jangan malu untuk bertanya kepada seseorang yang mempunyai ilmu lebih banyak, meski anda sering diberikan kegagalan di saat membuat minuman kopi. 

3. Bergabung Pada Kelas Barista 

Apabila kamu sudah mendapatkan ilmu dan pola pikir tentang kopi sudah terbentuk, maka tiba saatnya untuk bergabung pada beberapa kelas barista. Untuk kelas barista sendiri dibagi menjadi dua yaitu basic dan latte art. 

Untuk kelas basic anda akan diajarkan mengenai teori dasar tentang dunia kopi mulai dari, jenis dan metode penyeduhan. Sedangkan, untuk kelas latte art akan diajarkan mengenai seni kopi yang lebih dalam lagi. 

4. Bekerja di Coffee Shop atau Kedai Kopi 

Langsung praktek dengan seorang barista yang profesional, anda bisa lebih dekat dan banyak mendapatkan ilmu lagi tentang kopi. Selain itu, anda yang ingin menjadi seorang barista kopi profesional bisa mengikuti program magang di salah satu kedai kopi. 

Selama di masa program magang anda tidak hanya belajar tentang minum kopi saja. Akan tetapi, anda bisa bisa lebih banyak mendapatkan banyak rekan, tanggung jawab dan jenjang karir dengan menjadi seorang barista. 

Selain itu, dengan program magang anda bisa lebih banyak belajar lagi dengan menghadapi pelanggan. Tentunya dengan hal tersebut bisa menciptakan menu yang baru dan berguna di kemudian hari. 

5. Bergabung Pada Beberapa Komunitas Kopi atau Barista

Supaya ilmu yang anda miliki tetap berkembang, maka langkah atau cara yang bisa dilakukan adalah bergabung pada beberapa komunitas kopi di sekitar tempat tinggal. Selain itu, anda juga bisa bergabung pada beberapa komunitas pecinta kopi supaya bisa lebih banyak lagi tentang seluk beluk kopi. 

Lebih menariknya lagi dengan bergabung pada beberapa komunitas ini bisa lebih asik, karena akan lebih banyak bertemu dengan seseorang yang satu passion. Sehingga, dengan cara dan langkah tersebut bisa memberikan banyak manfaat bagi anda yang ingin menjadi seorang barista profesional. 

6. Minum dan Menyeduh Macam-Macam Jenis Kopi 

Setiap barista mempunyai andalan menu kopi yang berbeda-beda. Namun, bila anda sudah memutuskan menjadi seorang barista profesional bisa menggunakan cara atau langkah yang satu ini. 

Seorang barista wajib melakukan minum dan menyeduh macam-macam jenis kopi yang mempunyai ciri khas tersendiri. Dengan menggunakan cara dan langkah tersebut anda bisa menemukan beberapa formula yang pas supaya menghasilkan kopi dengan rasa nikmat.

Melakukan eksperimen tersebut juga sangat berguna bagi anda yang ingin menjadi seorang barista profesional. Lakukan penyeduhan kopi dengan beberapa cara, supaya mendapatkan lebih banyak mendapatkan metode seduh kopi. 

Itulah dia 6 cara jadi barista profesional. Diharapkan dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu anda yang ingin menjadi seorang barista profesional. 

Artikel Terkait

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami