Gaya Hidup

Wajib Tahu! Ini Tugas, Skill dan Tanggung Jawab Seorang Programmer

CIANJUR UPDATE – Programmer merupakan salah satu profesi penulis dan penguji kode yang digunakan untuk membuat program pada sebuah perangkat lunak. Selain itu, seorang programmer juga bisa mengubah desain yang dibuat oleh seorang developer supaya mendapatkan instruksi dari komputer. Sehingga, Anda harus tahu tentang Tugas, Skill dan Tanggung Jawab Seorang Programmer

Sistem yang dimiliki oleh komputer harus melakukan kerja sama dengan seorang developer. Seorang programmer juga harus melakukan debug program atau pengujian supaya bisa menghasilkan sesuai dengan apa yang diharapkan. 

Tugas, Skill dan Tanggung Jawab Seorang Programmer

Jika suatu program komputer tidak bekerja dengan benar, maka anda harus memeriksa kode dan bisa langsung melakukan perbaikan. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai tanggung jawab, tugas dan skill yang harus dimiliki programmer. Sedangkan, untuk anda yang penasaran bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini. 

Tanggung Jawab yang Dimiliki Oleh Seorang Programmer 

Sebagai seorang programmer bukan menjadi salah satu hal yang mudah. Artinya, ada banyak sekali tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang programmer. Untuk beberapa tanggung jawab tersebut adalah: 

1. Menciptakan Program 

Tanggung jawab yang pertama dari seorang programmer adalah menciptakan sebuah program. Seorang programmer juga harus memahami dan mempunyai kemampuan untuk menulis bahasa pemrograman seperti C++ dan Java. Dari tulisan kode tersebut, maka akan tercipta dan bisa mengerti mengenai sistem yang digunakan oleh komputer. 

2. Bisa Melakukan Integrasi Dengan Backend dan Frontend 

Pada tanggung jawab kali ini setiap perusahaan mempunyai aturan yang berbeda-beda. Akan tetapi, untuk saat ini kebanyakan perusahaan programmer membutuhkan posisis backend dan frontend. 

Jika seorang programmer mempunyai tugas untuk menciptakan instruksi, maka pihak developer harus melanjutkan instruksi tersebut. Biasanya, integrasi programmer dengan backend saling terhubung. 

3. Membuat Laporan Secara Terjadwal 

Setiap programmer mempunyai tanggung jawab sebuah set instruksi di dalam fitur yang berbeda-beda. Selain itu, untuk fitur yang satu ini biasanya dipegang oleh tim produk. 

Satu tim produksi biasanya dipimpin oleh seorang manajer produk. Pada pembuatan laporan ini bisa dilakukan kapan saja. Akan tetapi, biasanya untuk setiap set instruksi akan dimasukkan ke dalam collaboration tool. 

4. Melakukan Kolaborasi Dengan Tim Desain 

Tanggung jawab yang paling akhir dari seorang programmer adalah melakukan kolaborasi dengan tim desain. Setiap tim instruksi mengenai desain, biasanya juga dikerjakan oleh pihak UI dan UX. 

Desainer UI mempunyai tugas untuk membuat setiap halaman pada set instruksi supaya terlihat lebih cantik. Sedangkan, untuk desainer UX bisa membuat set setiap instruksi supaya tidak menyusahkan pengguna. 

Meski demikian, kolaborasi antara dim desain dan programmer bisa berjalan secara mulus. Ada kalanya, seorang programmer memberikan tuntutan kepada desainer supaya memperhatikan tingkat kesulitan. 

Skill Pada Profesi Programmer 

Lingkungan yang ada saat ini semakin kompetitif. Sama hal nya menjadi seorang programmer juga harus selalu mengikuti perkembangan teknologi. Ada waktunya, bahasa pemrograman yang digunakan mudah untuk dipahami supaya tidak ketinggalan zaman. 

Sampai dengan saat ini tidak semua kampus memberikan ilmu secara lengkap mengenai bahasa pemrograman. Maka dari itu, untuk anda yang ingin menjadi seorang programmer harus mempunyai beberapa skill sebagai berikut: 

1. Mampu Mempunyai Menggunakan Linux 

Skill yang pertama adalah harus bisa menggunakan Linux. Linux merupakan salah satu sistem yang ada di operasi perangkat lunak. Selain itu, Linux juga menjadi salah satu sistem operasi yang aman dibandingkan lainnya. 

Pada hal yang satu ini bisa dilihat pada proses manajemen paket, konsep repositori dan beberapa fitur lainnya. Linux kini juga bisa membuat para penggunanya lebih aman dibandingkan beberapa sistem operasional perangkat lunak lainnya. 

2. Mempunyai Kerja Sama Tim 

Membuat set instruksi dengan waktu yang cepat menjadi salah satu hal yang suliit dilakukan oleh seorang programmer. Selain itu, untuk membagi setiap set instruksi pada banyak orang juga tidak mudah. 

Seorang programmer dituntut untuk mempunyai kemampuan kerjasama tim dengan satu visi dan misi. Sehingga, tim tersebut bisa menyelesaikan pembuatan set instruksi secara bersamaan dan baik. 

Tugas Seorang Programmer 

Secara umum, untuk tugas dari seorang programmer adalah membuat dan mengenmbangkan sistem dan website. Akan tetapi tidak hanya sampai situ saja, ada 3 tugas lain dari seorang programmer yang harus anda ketahui yaitu: 

1. Membuat Rancangan Flowchart 

Tugas pertama dari seorang programmer adalah membuat rancangan flowchart. Flowchart merupakan diagram alir yang menggambarkan sebuah algoritma dan alur kerja dari sebuah program. 

2 . Menuliskan Kode Program atau Coding 

Setelah membuat flowchart, seorang programmer juga harus melakukan penulisan kode atau coding. Coding merupakan cara seorang programmer berkomunikasi dengan komputer. 

3. Debugging 

Debugging merupakan salah satu proses yang mempunyai tugas untuk menemukan dan menghapus bug error. Selain itu, untuk hal yang satu ini bisa dilakukan sampai dengan beberapa kali sampai dengan bug sudah dihapus atau diperbaiki. 

Sekian penjelasan mengenai tanggung jawab, tugas dan skill yang dibutuhkan oleh seorang programmer. Semoga dengan adanya informasi diatas bisa memberikan sedikit informasi bagi anda yang ingin menjadi seorang programmer. 

Artikel Terkait

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami