Cipanas Update

Dorong Pilar Sosial Lebih Optimal, Komisi VIII DPR Bersama Kemensos RI Gelar Bimtek

CIANJUR UPDATE, Cipanas – Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka bersama Kementerian sosial (Kemensos) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) terkait dengan peningkatan SDM Program Keluarga Harapan (PKH) dan pilar-pilar sosial di Ballroom Palace Hotel Cipanas, Senin (22/8/2022).

Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) itu mengatakan bahwa pendamping PKH, TKSK, dan Tagana itu memiliki peran strategis sebagai ujung tombak atau menjadi pilar-pilar sosial Kementerian Sosial di tengah masyarakat.

“Jadi hari ini yang masuk dalam pilar sosial itu tidak hanya menyangkut bantuan sosial tapi juga sumber daya manusia yang ada di tengah-tengah masyarakat. Sehingga menurut saya menjadi kunci keberhasilan bagi program-program di Kemensos itu adalah pemberdayaan sosial, rehabilitasi sosial, serta jaminan sosial,” paparnya.

BACA JUGA: Ratusan Anggota Serikat ‘Pekka’ Cianjur Terima Bantuan

Program-program tersebut, menurut Anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) III Jawa Barat itu tidak akan berhasil tanpa pendekatan kualitas sumber daya manusianya, termasuk pilar sosial ini sebagai penguat bagi program-program di Kementerian Sosial.

“Jadi kita berharap akan terus ada materi-materi pembekalan untuk memperkuat pilar sosial, karena seperti bantuan program kewirausahaan itu akan berhasil tergantung pendampingan sosial,” ujarnya.

Selain itu menurut Diah, pendamping sosial ini perlu diperkuat dan lebih bersinergis, sehingga program-program pemberdayaan misalnya program gravitasi PKH itu tidak hanya bagus tapi juga perlu komponen SDM yang baik.

“Jadi komponen manusia dalam program Kemensos itu perlu pendekatannya secara lebih kualitatif bagi terlaksananya dengan baik atau inovasi-inovasi dari program-program bantuan pemberdayaan perlindungan sosial,” tandasnya.

Turut Hadir dalam acara tersebut Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, Kepala Sentra Terpadu Intan Suweno M.O Royani, serta Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cianjur yang diwakili Sekdinsos Dindin Awaludin.

Kegiatan itupun diikuti oleh peserta dari SDM PKH, Relawan Tagana dan TKSK. Dalam kesempatan yang sama, Kemensos yang didampingi Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka menyalurkan bantuan berupa 1.000 paket sembako senilai Rp 160 juta yang diserahkan secara simbolik kepada 5 KPM PKH, bantuan Atensi sejumlah 5 kursi roda senilai Rp. 14.130.000 untuk 5 KPM, dan Bufferstock Logistik Penanggulangan Bencana senilai Rp. 160.442.680 yang diserahkan secara simbolik kepada Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Cianjur. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami