Cipanas Update

Terima Aspirasi Dewan, Akses Jalan Tani Kampung Tarigu Mulai Dibangun

CIANJUR UPDATE, Cipanas – Dalam upaya memperlancar roda perekonomian warga sejak beberapa hari terakhir hingga kini, akses jalan di kampung Tarigu RW 05 Desa Sindanglaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur akhirnya mulai dibangun.

Padahal sebelumnya, jalan setapak itu sempat tertutup dan sulit diakses kendaraan roda dua. Namun kini atas bantuan dari aspirasi Anggota DPR RI Fraksi Golkar Dapil III Jawa barat, Budhi Setiawan itu, kini dilakukan betonisasi yang pengerjaannya secara swakelola masyarakat setempat.

Ketua RW 05 Tarigu Sindanglaya, Cipanas, Paoji Ramdhani mengatakan, awal mula pengajaran jalan usaha kelompok tani Suka Sinar Mandiri Kampung Tarigu pesantren ini merupakan bantuan aspirasi senilai Rp 95 juta, yang pengerjaannya secara gotong royong oleh warga.

BACA JUGA: Membahayakan, Batang Pohon di Cipanas Jatuh Hampir Menimpa Mobil

“Kami dengan warga di sini melakukan swadaya supaya pengerjaannya lebih cepat dan bagus,” kata Paoji saat ditemui di lokasi, Senin (5/9/2022).

Ia menjelaskan, pembangunan tersebut dimulai dari arah bawah dekat pemukiman warga hingga ke lembah yang menuju ke pemakaman keramat di Kampung Tarigu. Menurutnya, proyek tersebut dikerjakan, sebab akses menuju lembah itu awalnya tertutup sehingga warga yang bertani dan masyarakat lainya cukup sulit untuk melintas.

“Dengan adanya aspirasi ini mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi masyarakat dan petani-petani yang ada di kampung Tarigu ini,” kata Paoji.

Secara rinci, Paoji menyebut, anggaran yang digelontorkan dari aspirasi anggota dewan itu senilai Rp95 juta, dengan panjang jalan yang dibangun sekitar 200 meter dan lebar 1,5 meter.

“Untuk pengerjaan saat ini baru mencapai 30 persen, dengan target pengerjaanya diperkirakan hingga akhir September mendatang mengingat cuaca yang tidak menentu,” tuturnya.

Dengan pembangunan yang ada kedepannya ia dan warga sangat berharap aspirasi-aspirasi lain dari Anggota DPR RI bisa terus membantu pemenuhan kebutuhan warga. Apalagi jika hal tersebut betul-betul dibutuhkan.

“Seperti jalan atau irigasi untuk pengairan ke wilayah-wilayah di sini khususnya, kami betul-betul membutuhkan. Mudah-mudahan saja aspirasi beliau (Budi Setiawan) di daerah Cianjur dan Bogor ini terus mengalir,” tandasnya. (ren)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami