Cianjur Update

3 Hukum Nun Mati dan Tanwin dalam Al-Quran yang Penting Diketahui

CIANJUR UPDATE – Hukum nun mati dan tanwin merupakan salah satu dari tajwid yang ada dalam Al-Quran  yang biasanya hukum ini berlaku jika bertemu dengan  huruf hijaiyah tertentu.  

Huruf hijaiyah tersebut terdiri Alif, Ain, Ha, Kha,Ha’ kemudian dari 5  huruf hijaiyah tersebut bertemu dengan hukum tajwid nun, mati dan tanwin akan muncul 4 macam.

Kelima macam hukum nun, mati dan tanwin, yaitu Izhar halqi, Idgam Bighunna, Iqlab dan Ikhfa Haqiqi dan Ikhfa Syafawi dan berikut ulasan selengkapnya.

Izhar halqi

Penamaan Izhar halqi, karena makhraj dan huruf-huruf tersebut keluar dari dalam tenggorokan. Hal ini berlaku bila Nun Sukun, Tanwin, Kasroh sesudahnya bertemu dengan huruf Alif, Ghain, Ha, Kha dan Hamzah. Cara membaca Izhar halqi harus jelas tidak boleh berdengung.

Idgham Bighunnah

Hal menarik dalam mempelajari hukum Nun,Mati dan Tanwin,adalah Idgham Bighunnah  atau sering disebut dengan Idgham Ma’al Ghunnah. Yaitu hukum tajwid bila NunMati atau NunSukun atau Tanwin  bertemu huruf Mim.

Baca Juga: Apa Saja Perangkat Untuk Membangun Infrastruktur Jaringan VLAN? Ini Dia!

Selanjutnya, Nun, Waw, dan huruf Ya kemudian huruf-huruf tersebut tidak dalam satu kalimat atau harus secara terpisah. Bi artinya dengan, Bighunnah berarti dengung dan Idgham bermakna meleburkan satu huruf  yang ada sesudahnya atau di- tasydid-kan.

Cara membaca dari Idgham Bighunnah  dengan cara meleburkan Nun mati atau tanwin, baik dhommah tanwin, kasroh tanwin atau fathah tanwin. Kemudian suara huruf yang ada di depannya mim, nun,waw dan ya dan seolah-olah seperti tanda tasydid terus diiringi suara berdengung sekitar 2-3 harkat.

Iqlab

Hal lain dari hukum nun mati dan tanwin yang menarik dapat dilihat dari jenis hukum yang dinamakan Iqlab. Ketika huruf Nun Sukun, Tanwin kemudian bertemu dengan huruf hijaiyah Ba selanjutnya Iqlab berarti menggantikan atau mengubah dari aslinya.

Cara membaca Iqlab memang berbeda dari lainnya, karena muncul suara huruf Mim Sukun. Kemudian hal itu terjadi apabila bibir atas dan bibir bawah dalam posisi tertutup berikutnya diiringi dengan suara dengung kurang lebih 2 harkat.

 Masih ada beberapa lagi jenis hukum nun mati dan tanwin, yakni Ikhfa Haqiqi dan Ikhfa Syafawi. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing sudah tentu menjadi referensi dalam mempelajari tajwid pada Al-Quran.

Berita Terkait

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami